Iklan Premium

Etika Melamar Pekerjaan VIA EMAIL

Post a Comment

Cara melamar pekerjaan lewat email kini menjadi pilihan yang paling banyak dipilih. Bukan lagi dengan cara konvensional seperti dulu. Hal ini tak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Semua lini kehidupan hampir dipaksa untuk serba digital. Tak terkecuali dengan sistem rekrutmen dan melamar pekerjaan.

Banyak sekali lowongan kerja yang mencantumkan tata cara melamar keja melalui daring, yakni dengan mengirimkan lamaran kerja via online. Bagi jobseaker tentu saja ini merupakan hal yang baik karena dapat mempersingkat waktu tanpa harus menyiapkan printout surat lamaran kerja dan berkas file fisik dan mengirimkannya langsung.

Namun demikian, jobseeker sebaiknya mengetahui etika yang baik dalam mengirim lamaran kerja melalui email. Karena dengan cara yang baik dan etika yang baik tentu akan menentukan ketertarikan seorang rekruitmen untuk memproses lamaran kerja via email yang kamu kirimkan.

Nah, berikut ini ada sebuah tulisan yang sangat bagus dari Fenty Prasetya (Human Resources Supervisor at KIMBO), yang menulis dalam akun linkedin miliknya.

Yuk simak dan pahami baik-baik cara melamar kerja lewat email ini agar bisa dipraktekkan dengan betul.

Etika Melamar pekerjaan VIA EMAIL

Selamat Hari Senin, kali ini saya mau sedikit share perihal etika melamar pekerjaan via email supaya tidak bikin recruiter bingung baca email kalian.

1. Pasang Subject Email yang jelas, misal :

HR Recruitment-Raisa A
Sales Motoris-Afgan S-Medan

2. Gunakan username Email yang Professional

Jangan menggunakan nama yang nyeleneh ya

3. Isi Email juga harus jelas,

Terdiri dari:

- Kata Pengantar email : tidak usah terlalu panjang . Isinya sedikit deskripsi penjelasan tentang diri sendiri dan pengalaman kerja saja. dengan kalimat yang di susun dengan baik .
- Attachment : Pleasee, kalau bisa di gabung jadi satu File ya. Attachmentnya jangan dipisah pisah. Jangan lupa CV lengkapnya (jangan hanya menulis kerja di perusahaan mana, tapi juga HARUS menulis posisi awal - terakhir dan ringkasan jobdesc)
- CV : Diketik rapi ya , via pdf/word . Jangan mengirimkan "foto" cv kalian yg sudah kalian tulis/print 99% tidak bisa kami baca.

4. Jangan pernah Email hanya untuk menanyakan lowongan kerja

Hal ini karena pasti kalian sudah liat lowongannya apa saja. 85% recruiter pasti tidak akan menghiraukan email ini.

5. Apply sesuai dengan syarat kualifikasi

Untuk Selanjutnya , jangan lupa ..
apply sesuai dengan syarat kualifikasi yang sesuai dengan background / minat kalian ya!


Demikianlah HR tips mengenai etika mengirim lamaran kerja melalui email. Semoga membantu.

Related Posts

Post a Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email!